Perusahaan air minum ialah perusahaan pelayanan jasa yang berperan memberikan kemudahan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air, tetapi dalam memberikan layananannya ditemukan adanya permasalahan diantaranya dalam hal pelayanan penyediaan air bersih yang belum optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan PERUMDA Tirta Pakuan Bogor pada pengadaan Air Bersih. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan mengambil lokasi pada Perumda Tirta Pakuan Bogor. Sampel yang digunakan sebanyak 30 orang pegawai dari populasi 400 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Untuk memperoleh data yang komprehensif, dilakukan pengambilan data pada sumber data Masyarakat, dengan sampel sebanyak 119 orang dari populasi sebanyak 174.410, yang diambil melalui rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisis statistic sederhana melalui Weigh Mean Score (WMS). Hasil penelitian menunjukkan temuan data bahwa kualitas pelayanan PERUMDA Tirta Pakuan Bogor pada pengadaan air bersih untuk masyarakat di kota Bogor sudah sangat bagus, hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 4,29 dengan kriteria sangat baik berdasarkan hasil penilaian pegawai. Namun penilaian pelanggan rata-rata sebesar 3.61 pada semua indicator dengan kriteria baik. Indikator yang memperoleh penialaian tinggi adalah indicator kenyamanan tempat pelayanan, yang mendapatkan skor nilai 3,89 dengan kriteria baik, sedangkan rata-rata nilai yang paling rendah adalah indicator “memberikan jaminan terhadap masalah” dengan rata-rata skor 3,29 kriteria cukup baik. Hal tersebut terjadi karena pegawai memberikan janji yang tidak ditepati.
Copyrights © 2024