All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 4, No 2 (2024): Juni 2024

Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan

Gulo, Yona (Unknown)
Gultom, Fransiskus (Unknown)
Sitepu, Elisabeth (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh komponen-komponen yang ada di lingkungan sekolah, seperti: kepala sekolah, guru, tata usaha, dan siswa SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan yaitu 185 orang. Sampel pada penelitian ini adalah guru kelas beserta murid kelas IX yang berjumlah 50 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah korelasional. Metode pengambilan sampelnya adalah purpossive sample yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan khusus sehingga layak dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, pembagian angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai rhitung sebesar 0,6514 pada taraf signifikan 5% dan rtabel sebesar 0,279, artinya bahwa nilai rhitung daripada nilai rtabel, yakni 0,6514 0,279. Dengan demikian, hipotesa kerja (Ha) diterima dan hipotesa kerja (H0) ditolak, artinya dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan.Kata Kunci: Kompetensi Guru, Hasil Belajar, dan SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan

Copyrights © 2024