Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 7 (2024): Karimah Tauhid

Analisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Alfamart Ciawi 2

Maulida, Ika (Unknown)
Dari, Tini Ulan (Unknown)
Gojali, Andreasa (Unknown)
Rofiqi, Ifan Reza (Unknown)
Munawar, Raju (Unknown)
Lestari, Siti Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Era globalisasi telah meningkatkan ketatnya persaingan  di industri ritel Indonesia, termasuk minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis  kepuasan konsumen terhadap kinerja Alfamart Ciawi 2 menggunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA). Dengan menggunakan metode kuantitatif dan survei terhadap 50 responden, hasilnya menunjukkan bahwa meskipun desain eksterior toko dan privasi toilet penting, namun masih kurang memuaskan konsumen dan perlu ditingkatkan. Fitur-fitur seperti papan petunjuk yang jelas dan lebar pintu masuk yang memadai sudah terbukti dan harus dipertahankan. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, Alfamart Ciawi 2 sebaiknya meningkatkan karakteristik pada kuadran pertama dan mempertahankan karakteristik pada kuadran kedua untuk meningkatkan daya saingnya di pasar ritel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...