Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 9 (2024): Karimah Tauhid

Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Strategi Store Atmosphere Alfamart Wangun Sindangsari 2 Menggunakan Metode Importance Performance Analyis (IPA)

Nurfitriani, Alicia (Unknown)
Amelia , Cindy (Unknown)
Cahyani, Gita Indah (Unknown)
Ramdhani, Muhamad Rizki (Unknown)
Fadila, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis pengaruh store atmosfer terhadap keputusan pembelian pelanggan Alfamart Wangun Sindangsari 2. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 55 konsumen yang membeli Alfamart Wangun Sindangsari 2. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data yang dievaluasi menurut skala Porposive dengan menggunakan teknik sampling dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 25, variabel store atmosfer mempunyai pengaruh yang besar yaitu sebesar 62,1%. Artinya suasana toko mempunyai pengaruh yang besar dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan meningkatkan kesadaran merek. Menurut hasil IPA, 9 komponen yang paling signifikan mempengaruhi keputusan pembelian Alfamart Wangun Sindangsari 2. Adalah bagian dari (P13) suar/musik yang ada di dalam toko terdengar tenang (tidak berisik), (P16) kursi yang ada di ruang sudah cukup untuk menampung seluruh konsumen yang datang, (P17) lajur di setiap ruangan terasa lebar dan cukup untuk berlalu lalang, (P18) akses ke toilet yang mudah, (P21) dekorasi dinding toko tidak terasa terlalu panas maupun terlalu dingin, (P22) dekorasi dinding yang ada terlihat indah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...