Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif dengan pendekatan scientific yang menggunakan 4-D model dan bertujuan untuk melatih berpikir kritis siswa SMA dalam meningkatkan hasil belajar. Subyek penelitian perangkat pembelajaran yang diujicobakan pada 35 siswa SMA menggunakan rancangan one group pretest-posttest, sedangkan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran valid, keterlaksanaan pembelajaran baik. Tes hasil belajar siswa dianalisis dengan N-Gain mengalami peningkatan yang semakin tinggi dan afektif siswa juga mengalami peningkatan yang tinggi pada masing-masing indikator. Kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis juga dengan N-Gain mengalami juga peningkatan yang semakin tinggi, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan yang tinggi. Simpulannya bahwa perangkat pembelajaran biologi model kooperatif dengan pendekatan scientific layak dan dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2014