Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 6 Muara Rupit setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check secara signifikan tuntas. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu menggunakan desain penelitian pre-test dan Post-Test. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 6 Muara Rupit dengan sampel berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data diambil dengan teknik Tes berbentuk soal essay yang berjumlah 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji- z. berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test 48,59 dan rata-rata nilai post-Test 74,37. Hasil analisis uji-z diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu, 2,45 > 1,64, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dapat menuntaskan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 6 Muara Rupit.
Copyrights © 2024