Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 4 No. 1 (2024): Linggau Journal Science Education

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 32 LUBUKLINGGAU

Putri Pratiwi, Yolanda (Unknown)
Gawdy Prananosa, Ahmad (Unknown)
Sukenda Egok, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Matematika Kelas III di SD Negeri 32 Lubuklinggau yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian melibatkan ahli validasi, guru, dan siswa kelas III B SD Negeri 32 Lubuklinggau. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Instrumen yang digunakan termasuk lembar angket dan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kevalidan dengan rata-rata skor 0,89. Analisis penilaian kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik menunjukkan kriteria praktis dengan skor 96,15%. Selanjutnya, analisis penilaian keefektifan menghasilkan skor N-Gain rata-rata 0,72 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Matematika Kelas III di SD Negeri 32 Lubuklinggau terbukti valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...