Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh efikasi diri dan kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian melalui motivasi belajar. Populasi dan sampel di penelitian ini ialah semua siswa kelas X AKL SMK Negeri 1 Binjai sebanyak 71 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan kuesioner dan soal tes jurnal penyesuaian. Data penelitian diolah melalui analisis jalur dengan SPSS dan uji sobel. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh langsung efikasi diri sebesar 0.915, kompetensi kepribadian guru sebesar 0.710, dan motivasi belajar sebesar 0.658 terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian. Serta adanya pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian melalui motivasi belajar sebesar 0.305 dan pengaruh tidak langsung kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar jurnal penyesuaian melalui motivasi belajar sebesar 0.407.
Copyrights © 2024