Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 10 No 2 (2024): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Barisan Dan Deret Berorientasi Kemampuan Pemahaman Konsep

Mattoliang, Lisnasari Andi (Unknown)
Febryanti, Dwi (Unknown)
Nurnadirah, Nurnadirah (Unknown)
Fiqriyatul Fijaar (Unknown)
Nurdin, Ghina Amaliah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Integrasi teknologi pada pembelajaran abad 21 memungkinkan pembelajaran dapat disajikan dalam bentuk video menarik. Kurangnya pemahaman mengenai cara efektif dalam menggunakan video dalam pembelajaran, utamanya dalam menunjang pemahaman konsep siswa menjadi hambatan terwujudnya hal tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media video pembelajaran dalam menunjang kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X pada materi barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). model pengembangannya yaitu model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima fase, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek berjumlah 19 siswa kelas X MA Ash-Shalihin. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penilaian dari ahli media diperoleh persentase 88,5% dengan kategori “sangat baik”, dan penilaian dari ahli materi sebesar 97,2% dengan kategori “sangat baik”, hal ini menunjukkan kevalidan video. Hasil dari angket respons guru menunjukkan persentase 92,04% yang berarti media yang dikembangkan sudah sangat praktis. Hasil dari angket respons siswa menunjukkan persentase 91,7% yang berarti media yang dikembangkan sudah sangat memuaskan. Adapun pada penilaian hasil belajar diperoleh nilai pretest rata-rata siswa adalah 50,97% dan nilai posttest yaitu 78,61%. Hasil olah data menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan peneliti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024