Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 10 No 2 (2024): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Analisis Kemampuan Berpikir Keritis Siswa Sma Negeri 1 Lalolae Dalam Pembelajaran Biologi

Erfina, Erfina (Unknown)
Tendrita, Miswandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Kemampuan untuk berpikir kritis dapat dianggap sebagai keterampilan yang sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Berpikir kritis adalah keterampilan yang dipelajari yang membutuhkan waktu dan latihan. Kemampuan ini tidak dibawa sejak lahir atau diturunkan. Kemampuan untuk berpikir secara kritis, reflektif, sistematis, dan konstruktif untuk membuat pilihan dan kesimpulan yang rasional dikenal sebagai berfikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa dinilai dalam penelitian ini. Studi ini meneliti siswa MIA 1 kelas XI di SMA Negeri 1 Lalolae. Berdasarkan hasilnya, analisis kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Lalolae menunjukkan bahwa indikator Memberikan Penjelasan Sederhana menerima skor tertinggi, yaitu 67%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Indikator Membangun Keterampilan Dasar juga menerima skor tertinggi, yaitu 52%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Temuan penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang tingkat kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa, guru, dan orang-orang yang mengelola sekolah. Berdasarkan hasilnya, analisis kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Lalolae menemukan bahwa indikator Memberikan Penjelasan Sederhana menerima skor tertinggi, yaitu 67%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Indikator Membangun Keterampilan Dasar juga menerima skor tertinggi, yaitu 52%, dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Temuan penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang seberapa baik guru, pengelola sekolah, dan siswa berpikir kritis.

Copyrights © 2024