JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara

Alfani, Dela (Unknown)
Nasution, Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Sistem Informasi (SPID) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, karena penelitian ini mengumpulkan data yang objektif melalui penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Objek penelitian ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, subjek penelitian ini adalah Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Hasil dari penelitian ini adalah dalam penelitian ini SIPD merupakan sistem berbasis online yang memberikan kemudahan dalam penyusunan proses perencanaan dan penganggaran. Dari segi waktu, SIPD yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut menghasilkan informasi data yang lebih baik dan cepat. DPA dan RKA juga merupakan output yang dihasilkan dalam sistem SIPD ini. Berdasarkan analisis melalui poin-poin kualitas yang termasuk kategori yang dapat dipahami, relevan, andal, dan dapat dibandingkan, ditemukan bahwa penerapan SIPD sudah efektif. Jelas bahwa pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara merasa pekerjaan lebih mudah dan cepat, meskipun 60-70% pengguna sistem masih belum memahami input dengan jelas, sehingga membutuhkan pengawasan yang lebih.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...