Penelitian ini di latar belakangi oleh pendidikan anak usia dini di Indonesia telah mendapat perhatian. Masyarakat sudah mulai peduli dengan masa keemasan anak. Atas dasar ini, disimpulkan bahwa untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak dini dan satu- satunya cara untuk memulainya adalah dengan menyelenggarakan lembaga pendidikan anak usia dini atau disingkat dengan PAUD. Sebagaimana di TK Dharmawanita II Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX, Kabupaten 50 kota dimana tingkat kedisiplinannya sudah sesuai dengan tingkat indikator disiplin yang diharapkan. Upaya yang dilakukan guru dalam meembentuk karakter disiplin anak usia dini disana yaitu dengan Pembiasaan, Pemberian nasehat, Pemberian contoh, Keteladanan, dengan bercerita dimana guru guru memberikan sebuah cerita kepada anak usia dini yang mengandung sebuah unsur moral dan budaya didalamnya dan anak menerapkan nilai tersebut kedalam diri anak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat Deskriptif Kualitatif. Adapun informan kunci dari penelitian ini adalah 1 orang guru kelas B dan 16 orang anak kelas B di TK Dharmawanita II Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX. Cara pengumpulan data nya melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru di TK Dharmawanita II Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX untuk meningkatkan disiplin anak usia dini yaitu dengan membiasakan anak untuk menyimpan sepatu pada rak sepatu, membiasakan anak untuk meletakkan tas pada tempat yang telah disediakan, dengan memberi nasehat kepada anak, memberi arahan serta membuat kesepakatan dengan anak dari awal sekolah, membiasakan anak untuk membuang sampah pada tempatnya, serta mengajarkan anak bernyanyi dan bertepuk agar ana semangat untuk berbaris dan bisa merapikan barisannya.
Copyrights © 2022