JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar

Hidayanthi, Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk menganalisis, mendeskribsikan dan membahas tentang perkembangan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penggunan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran di SD. Metode penelitian yang digunakan berupa kajian literatur. Penelitian menggunakan analisis lembar artikel sebagai instrumen penelitian. Langkah yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan artikel dari internet, melakukan pengelompokan data atau reduksi data, melakukan analisis artikel, merangkum pembahasan dan terakhir membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar mendapatkan dampak positif dari penggunaan pendekatan RME dalam kegiatan belajar. Pendekatan RME membuat siswa menjadi aktif belajar, siswa bebas mengeksplorasi pengetahuan mereka dan menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal baru. Penggunaan pendekaatan RME memberikan kompetensi khusus bagi siswa yaitu menemukan dan memahami konsep materi belajar lebih mendalam, tidak terlepas dari kemampuan dasar yaitu pemecahan masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...