JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Altruisme dan Interaksi Sosial Terhadap Kompetensi Sosial Guru SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak

Natuna, Daeng Ayub (Unknown)
Kadri, Kadri (Unknown)
Burhanuddim, Dudung (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh altruisme terhadap kompetensi sosial guru SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak, 2) pengaruh interaksi sosial terhadap kompetensi sosial guru SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak, 3) pengaruh altruisme dan interaksi sosial secara bersama-sama terhadap kompetensi sosial guru SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak. Populasi dari penelitian ini adalah Guru SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak yang berjumlah 109 orang dan semua diteliti. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder untuk yang diperoleh dari guru dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengolahan data untuk analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 23 for Windows. Hasil penelitian meliputi; 1) Diperoleh pengaruh yang signifikan antara altruisme (X1) terhadap kompetensi sosial guru (Y) Di SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak; 2) Diperoleh pengaruh yang signifikan antara variabel interaksi sosial (X2) terhadap kompetensi sosial guru (Y) Di SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak.; 4) Diperoleh pengaruh signifikan antara altruisme (X1) dan interaksi sosial (X2) terhadap kompetensi sosial guru (Y) Di SD Negeri Se-Kecamatan Sungai Mandau, Siak. Hal ini bermakna bahwa, kompetensi sosial guru sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...