JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan

Lestari, Lisa (Unknown)
Tanjung, Indayana Febriani (Unknown)
Syahputra, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi keanekaragaman tumbuhan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa dengan sampel 25 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, yaitu: pre-test dan post-test menggunakan teknik analisis data uji t. Hasil penelitian diperoleh t hitung = 4,6, sedangkan t tabel = 2,064 melalui taraf signifikan 0,05. Jika t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Diketahui 4,6 > 2,064, hal tersebut berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga strategi pembelajaran inquiry pada materi Keanekaragaman Tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...