JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII SMP

Aisyah, Deca (Unknown)
Bentri, Alwen (Unknown)
Amilia, Winanda (Unknown)
Rahmayanti, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2023

Abstract

Hasil observasi menunjukkan penggunaan media pembelajaran Informatika masih kurang bervariasi, guru sudah menggunakan media namun hanya sebatas tampilan slide power point saja sehingga membuat siswa menjadi kurang tertarik dan merasa bosan dalam pembelajaran, selain itu keterbatasan kemampuan sebagian siswa dalam menggunakan komputer menjadi salah satu satu penghambat pembelajaran. Maka tujuan penelitian ini adalah, untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada pembelajaran Informatika kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research & Devolepment (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh Borg & Gall dengan menggunakan 5 langkah utama. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari pakar ahli, guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen dan lembar penilaian.data yang diperoleh berdasarkan data kualitatif berupa saran dan masukan dan data kuantitatif deskriptif. Hasil validitas media mendapatkan nilai 94,75% dengan kriteria “Sangat Valid” dan hasil validitas materi memperoleh skor akhir dari penilaian 96 % masuk kedalam kriteria “Sangat Valid”. Tahap uji coba terbatas mendapatkan skor akhir 81,07% dengan kriteria “Sangat Praktis”, tahap uji coba skala besar memperoleh hasil 93,26% kategori “Sangat Praktis”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...