JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Validitas Instrumen Soal Tes Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Komponen Ekosistem dan Interaksinya

Mustika Putri, Silvani (Unknown)
Arsih, Fitri (Unknown)
Fadilah, Muhyiatul (Unknown)
Anggriyani, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2023

Abstract

Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan proses berpikir seseorang dalam menyelesaikam permasalahan berdasarkan informasi yang telah diperoleh dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik untuk mencapai kesimpulan yang tepat. Keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan penilaian berupa soal tes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validasi instrumen penelitian yang dilakukan dengan menentukan validasi isi tes penguasaan konsep dan validasi butir soal tes keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi komponen ekosistem dan interaksinya. Validasi isi pada soal tes keterampilan berpikir kritis ini terdiri atas beberapa aspek, diantaranya: aspek konten ilmu, aspek konstruk, dan aspek bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif berdasarkan perhitungan Uji Gregory. Data validasi isi diperoleh dari dua orang ahli. Hasil validasi ahli dihitung menggunakan Uji Gregory pada soal tes keterampilan berpikir kritis pada materi komponen ekosistem dan interaksinya sehingga didapatkan kesimpulan kategori validasi isi adalah sangat tinggi dengan skor 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...