JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Teori Kebenaran Perspektif Islam dan Barat (Studi Literatur)

Nurjana, Nurjana (Unknown)
Nasir, Abdul (Unknown)
Shah, Khaf (Unknown)
Karoma, Karoma (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Standar kebenaran secara historis menjadi fokus diskusi dan perselisihan penting dalam keberadaan manusia. Agama dan filsafat, dua kekuatan besar yang membentuk dunia, masing-masing menyediakan struktur epistemologis yang unik untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti esensi kebenaran. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian perpustakaan. Dimana penulis memberikan pengamatan terhadap berbagai karya sastra, seperti buku, jurnal, terbitan berkala, dan lain sebagainya, yang relevan dengan permasalahan yang dikemukakan dalam esai ini. Tujuan dari penelitian perpustakaan adalah untuk mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber perpustakaan. Konsep kebenaran Barat, yang mendasarkan dirinya terutama pada kemampuan akal dan indra, dan yang menekankan penyelidikan filosofis sebagai alat untuk menentukan kebenaran, jelas berbeda dengan konsepsi Timur tentang kebenaran dalam hal kriteria. Tentu saja hal ini tidak sama dengan konsep kebenaran yang dianut Islam yang sejalan dengan ajaran tauhid. Secara ontologis, pengetahuan yang didapat manusia dari melihat Tuhan dan alam bersifat relatif, karena satu-satunya kebenaran mutlak adalah pengetahuan yang berasal dari Tuhan. Tergantung pada metode yang digunakan untuk mendapatkannya, kebenaran ilmiah juga melibatkan elemen penting dari tanggung jawab dan verifikasi selain standar fundamental yang telah ditetapkan. Kebenaran ilmiah yang positif adalah kebenaran yang dapat diperiksa oleh siapa saja dengan menggunakan teknik tertentu dengan temuan yang sama atau serupa karena didasarkan pada fakta empiris..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...