JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Oral Acivity Siswa pada Pembelajaran Tematik

AS, Yenni (Unknown)
Ulfa, Intan Jamilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan oral activity siswa dalam pembelajaran tematik melalui model pembelajaran snowball throwing. Model pembelajaran snowball throwing merupakan proses dimana siswa saling berbagi ide, pengetahuan, atau informasi dalam sebuah permainan melempar bola salju. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi siswa, memungkinkan mereka untuk berbagi dan memperoleh beragam perspektif, serta mempromosikan kolaborasi dan komunikasi antar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas II (Fase A) dari SDN 011 Langgini. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Kriteria yang ditetapkan pada siklus II telah tercapai dalam penelian tindakan sehingga siklus dapat dihentikan. Hasil dari analisis penelitian menunjukkan peningkatan secara siknifikan pada aktivitas berbicara siswa dikelas dengan penerapan model Snowball Throwing dibandingkan sebelum menggunakan model snowball throwing. Berdasarkan hasil penilaian pada lembar observasi keaktifan belajar siswa bagian oral activity pada pratindakan siswa fase A dengan kategori Oral activity tinggi dari 14,28% hingga siklus II berakhir mengalami peningkatan hingga 71,42%. Sedangkan kategori Oral activity rendah dari 57,14% mengalami penurunan mencapai 0% hingga siklus II berakhir.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...