JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Systematic Literature Riview (SLR) : Pencegahan Gigi Berlubang Pada Anak Prasekolah

Usiono, Usiono (Unknown)
‘Arif, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penyakit karies gigi merupakan masalah utama dalam rongga mulut anak sampai saat ini Tingkat kerusakan gigi paling tinggi terjadi pada anak-anak Usia prasekolah dikarenkan anak keseringan memakan makanan yang manis-manis yang dapat menjadikan gigi anak berlubang dikarenakan banyak mengandung karbohidrat, lengket dan mudah hancur didalam mulut di luar kebiasaan perilaku kebersihan mulut yang baik. Oleh karena nya peran orang tua merupakan hal yang penting. Diharuskan untuk membimbing, memberikan perhatian dan pengertian pula membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Upaya apa yang bisa dilakukan berupa memberikan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature riview memperluas dan meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya anak untuk menjaga kesehatan gigi dan begitu pula mulut. metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data yang dilakukan sebanyak 5 artikel jurnal yang diperoleh melalui database gogle scholer. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa pencegahan gigi berlubang pada anak prasekolah ialah dengan sering menyikat gigi yang dimana pasta gigi tersebut memiliki berfluorida dan tidak sering mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Kesimpulan yang terdapat pada artikel ini adalah peranan orang tua sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi pada anak dengan memberikan pengetahuan cara merawat gigi agar sehat tidak terjadi kerusakan gigi pada anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...