Strategi SETS (Science, Environment, Technology, Society) merupakan strategi pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran bahwa sains, teknologi, masyarakat dan lingkungan hidup saling berkaitan antara satu dengan yang lain dan sangat berdampak satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih holistik dan terintegrasi melalui strategi SETS terhadap materi pencemaran lingkungan pada siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi strategi SETS dalam materi pencemaran lingkungan sangat efektif untuk dilakukan karena dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa Sekolah Dasar (SD) terkait fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar, (2) melatih peserta didik untuk peka terkait permasalahan yang sedang berkembang di lingkungan kehidupan, dan (3) Peserta didik akan mampu mengaplikasikan teknologi sebagai solusi dari permasalahan dalam lingkungan kehidupan.
Copyrights © 2023