JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Laporan Arus Kas sebagai Alat Ukur Efektivitas Kinerja Keuangan pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada Tahun 2018-2022

Zega, Felitusu (Unknown)
Irawan, Ade (Unknown)
Putri, Emy Setyawati Melati (Unknown)
Nuridah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang laporan arus kas sebagai alat ukur efektivitas kinerja keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran laporan keuangan arus kas dan dapat menganalisis efektivitas kinerja keuangan pada PT Bank Mandiri Tbk pada tahun 2018-2022. Populasi penelitian ini adalah PT Bank Mandiri Tbk pada tahun 2018-2022. Dengan metode purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel, maka diperoleh sampel pada laporan keuangan tahunan PT Bank Mandiri Tbk pada tahun 2018-2022. Data yang digunakan adalah data laporan keuangan yang diperoleh dengan mengunduh dari www.idx.co.id. Analisis data yang digunakan ialah Rasio laporan arus kas (AKO, CKB, PM, AKLB dan TH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil laporan keuangan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada tahun 2018 hingga 2022 menunjukan bahwa perusahaan mengalami kinerja keuangan yang tidak stabil. Hal ini dapat dilihat melalui laporan keuangan arus kas PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Berdasarkan hasil penelitian terhasap laporan arus kas PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggunakan rasio arus kas operasi, rasio arus kas operasi terhadap bunga, rasio pengeluaran modal, rasio total hutang dan rasio arus kas terhadap laba bersih (AKB) selama periode 2018 hingga 2022 menunjukan pada tahun 2020 dan 2021 posisi kinerja keuangan berada pada skala yang cukup baik namun terjadi penurunan yang signifikan pada tahun 2022. Namun dilihat secara keseluruhan pada kinerja keuangan perusahaan tahun 2018 hingga tahun 2020 telah terjadi peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...