JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Kesulitan dan Cara Mengatasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV di MIN 7 Medan

Putri Adeana, Fadillah (Unknown)
Rizki Wandini, Rora (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Artikel ini menganalisis kesulitan dan cara mengatasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MIN 7 Medan dengan rumusan kajian yaitu pertama bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika pada siswa, kedua faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa dan ketiga upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV di MIN 7 Medan. Untuk mendapatkan hasil riset, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika pada siswa diantaranya kesulitan dalam hal menghitung perkalian dan pembagian, kesulitan memahami konsep, dan lemahnya kemampuan berfikir abstrak. Kedua, faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV di MIN 7 Medan yaitu terdapat faktor internal yang terdiri dari sikap dalam belajar, motivasi belajar siswa dan kesehatan tubuh dan faktor eksternal yang terdiri dari penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar guru. Ketiga, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV di MIN 7 Medan terdapat tiga upaya guru yaitu memperbanyak latihan soal, penggunaan media pembelajaran, dan memberikan reward.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...