Matematika selama ini dianggap materi pembelajaran paling menyeramkan, sehingga banyak anak-anak kurang tertarik untuk mempelajarinya, salah satunya yaitu materi tentang perkalian. Media pembelajaran dapat digunakan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang nyata. Dengan penggunaan media pembelajaran, pesan yang sifatnya abstrak dapat diubah menjadi pesan yang kongkrit. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Adapun hasil manfaat penelitian tindakan kelas, khususnya bagi peserta didik di MIN 4 yaitu 1) Peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar Matematika. 2) Motivasi untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran matematika pada peserta didik bertambah. 3) Menciptakan rasa senang belajar matematika pada peserta didik selama pelajaran berlangsung. 4) Dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 5) Peserta didik lebih mengerti dan memahami tentang penggunaan alat peraga stik es krim dalam perkalian.
Copyrights © 2023