Penelitan ini bertujuan untuk memperkenalkan Congklak Bilangan (COGAN) sebagai media pembelajaran matematika, terutama pada materi Faktor Bersekutuan Berbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), serta upaya untuk memudahkan siswa memahami konsep FPB dan KPK. Selain itu juga tujuan penelitian ini untuk melestarikan permainan tradisional congklak. Untuk target ataupun objek untuk penelitian ini ialah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SD) 060904 Medan Kota. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodo pelatihan dan bimbingan, dengan pendekatan participant active learning. Penelitian dilakukan dengan lima tahapan, dimana pada tahapan pertama yaitu penyampaian materi FPB dan KPK, tahap kedua presentasi video pengenalan congklak, pembuatan COGAN, penggunaan untuk mempelajari FPB dan KPK, dan terakhir evaluasi. Berdasarkan hasil survei pada penelitian ini bahwa 82,6% siswa mengemukakan desain COGAN menarik dan 85,4% siswa menyatakan belajar matematika dengan COGAN berlangsung secara menyenangkan. Dengan pemanfaatan COGAN ini bagi guru dapat untuk memudahkan siswa serta menjadikan pembelajaran lebih asik dalam mengenalkan materi FPB dan KPK dalam pembelajaran matematika
Copyrights © 2023