JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Bilangan Dengan Memanfaatkan Congklak di SD 060904

‘Arif, Muhammad (Unknown)
Rizki Wandini, Rora (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2023

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk memperkenalkan Congklak Bilangan (COGAN) sebagai media pembelajaran matematika, terutama pada materi Faktor Bersekutuan Berbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), serta upaya untuk memudahkan siswa memahami konsep FPB dan KPK. Selain itu juga tujuan penelitian ini untuk melestarikan permainan tradisional congklak. Untuk target ataupun objek untuk penelitian ini ialah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SD) 060904 Medan Kota. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodo pelatihan dan bimbingan, dengan pendekatan participant active learning. Penelitian dilakukan dengan lima tahapan, dimana pada tahapan pertama yaitu penyampaian materi FPB dan KPK, tahap kedua presentasi video pengenalan congklak, pembuatan COGAN, penggunaan untuk mempelajari FPB dan KPK, dan terakhir evaluasi. Berdasarkan hasil survei pada penelitian ini bahwa 82,6% siswa mengemukakan desain COGAN menarik dan 85,4% siswa menyatakan belajar matematika dengan COGAN berlangsung secara menyenangkan. Dengan pemanfaatan COGAN ini bagi guru dapat untuk memudahkan siswa serta menjadikan pembelajaran lebih asik dalam mengenalkan materi FPB dan KPK dalam pembelajaran matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...