JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Teori Analisis Masalah dan Pemecahnya Pada Materi Deret Aritmatika Mata Pelajaran Matematika Kelas VI

Azkia, Putri (Unknown)
Zakiyyah, Zulfa (Unknown)
Rizki Wandini, Rora (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teori analisis masalah dan pemecahannya pada materi deret aritmatika pada mata pelajaran matematika kelas VI. Penelitian ini dilakukan di SDS Plus Anbata, Jln. Balai Desa Gg. Wakaf No. 45 Medan Sunggal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDS Plus Anbata yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitiannya, yaitu kegiatan pembelajaran matematika materi deret aritmatika dengan menggunakan teori analisi masalah dapat menjadi salah satu teori yang bisa digunakan oleh guru sekolah dasar ketika proses PBL terutama pada pembelajaran matematika. Teori analisis masalah sangat efektif digunakan karena dapat membantu meningkatkan cara berfikir kritis siswa. Meningkatnya cara berfikir siswa dapat dilihat dari kemampuan siswa saat menemukan permasalahan yang disajikan serta mampu untuk menemukan solusi yang tepat terhadap masalah tersebut. Dalam penggunaan teori analisis masalah dapat dilihat bahwa penggunaan teori tersebut sangat efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika dikarenakan dengan teori tersebut siswa akan terlatih untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ia temui serta dengan teori ini juga siswa akan terlatih untuk berfikir kritis dan sistematis dan juga teori ini akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari siswa terutama dalam menghadapi permasalahan disekitar mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...