Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang diterapkan secara berkelompok yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan niat murid dalam memahami materi pelajaran melalui penggunaan permainan dan kompetisi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature review terkait peningkatan hasil belajar matematika melalui model teams games tournament. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran matematika. Penggunaan media konkrit memberi kontribusi yang baik dalam mengembangkan pemahaman pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran matematika. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model TGT di kelas IV SD Al-Ittihadiyah memberikan dampak positif bagi siswa. Dampak tersebut meliputi : 1) pembelajaran lebih variatif, menyenangkan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 2). Pembelajaran mengutamakan kerjasama antara kelompok, hal ini berdampak pada peningkatan karakter siswa seperti tanggung jawab, kerjasama dan empati. 3) pembelajaran yang menantang, maksudnya siswa dituntut untuk lebih aktif menjawab pertanyaan dalam ajang game atau turnamen hal ini membawa dampak positif bagi siswa untuk rajin belajar agar menimbulkan kenaikan minat belajar siswa.
Copyrights © 2023