JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Yusnaldi, Eka (Unknown)
Panjaitan, Dwika Aulia Fitrah (Unknown)
Pasaribu, Fitriyanti (Unknown)
Sabina, Lisa (Unknown)
Mustika, Nikmah (Unknown)
Adelia, Rahmi Wirdayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Seringnya kekeliruan pendidik maupun peserta didik dalam pengaplikasian pembelajaran IPS, membuat proses pembelajaran itu tidak mencapai tujuan bahkan keluar dari tujuan pembelajaran. Maka dari itu diperlukan pemahaman terkait hakikat sebenarnya pembelajaran ilmu pengertahuan sosial itu. Dengan demikian tujuan dari kepenulisan ini ialah untuk mengetahui hakikat pembelajaran IPS yang digunakan dalam proses pembelajaran, sebagai ranah atau batasan dalam mengajarkan pembelajaran IPS di sekolah. Adapun metodologi yang digunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan fokus penelititian studi pustaka yang memuat berbagai literatur yang nantinya akan dianalisis terkait hakikat pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Pada akhirnya hakikat pembelajaran ilmu pengetahuan sosial berisi tentang pengertian, tujuan, landasan, Karakteristik, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Prinsip.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...