JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan dan Dampak Bernyanyi di Kelas pada Anak Usia Dini di TK IT Nurul Ilmi

Fatimah, Friska Nur (Unknown)
Larasati, Sekar Ayu (Unknown)
Aulia, Putri (Unknown)
Lubis, Hilda Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penerapan bernyanyi di kelas dilakukan dengan tujuan untuk mendorong perkembangan anak secara holistik, dengan mempertimbangkan faktor bahasa, sosial, dan lainnya. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif lapangan dengan jenis analisis deskriptif. Metodologi pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi terhadap 14 siswa di TK It Nurul Ilmi, dan dokumentasi. Teknik analisis data fokus pada reduksi data, pengolahan data, dan visualisasi data. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pemahaman dan hasil kegiatan bernyanyi di kelas yang berkaitan dengan tumbuh kembang siswa di TK It Nurul Ilmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyelenggaraan program bernyanyi di kelas memberikan dampak positif terhadap berbagai aspek perkembangan anak, antara lain kemampuan berbahasa, kompetensi sosial, dan kreativitas. Anak-anak membantu peningkatan aktif, ekspresi diri, dan keterlibatan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini memberikan peluang untuk mengintegrasikan nyanyi sebagai metode mengajar anak yang efektif dan menyenangkan. Implikasi dari penelitian ini antara lain disarankan kepada guru untuk lebih banyak memasukkan kegiatan bernyanyi ke dalam kurikulum sebagai strategi peningkatan kemampuan belajar siswa di TK IT Nurul Ilmi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...