JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penilaian Prestasi Kerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berdasarkan Sasaran Kerja dan Perilaku Kerja

Sumiati, Sumiati (Unknown)
Muttaqin, Muttaqin (Unknown)
Afriza, Afriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam mencapai sebuah tujuan dalam sebuah visi dan misi satuan Pendidikan yang pada akhirnya menentukan juga tujuan Pendidikan nasional. Guru yang mempunyai prestasi dan kinerja yang baik maka akan memberikan kontribusi yang positif bagi tumbuh kembang peserta didik dan keberlanjtan sebuah Lembaga Pendidikan, demikina juga halnya dengan tenaga kependidikan yang ada dalam Lembaga tersebut. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode riset kepustakaan (Library Research) metode penelitian ini berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kritis yang dimana analisis ini sifatnya kritis umumnya beranjak dari pandanggan atau nilai-nilai tertentu yang diyakini oleh peneliti terkait dalam permasalahan peningkatan mutu pendidikan yang melalui dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang peneliti teliti. Hasil penelitian ini adalah Dari paparan tulisan di atas dapat disimpulkan bahwa yang di maksud dengan Penilaian prestasi kerja adalah suatu sistem yang dipakai untuk mengevaluasi apakah seorang pegawai telah menjalankan tugasnya dengan baik secara keseluruhan. Hal ini tidak hanya melibatkan aspek fisik pekerjaannya, tetapi juga mencakup berbagai faktor lain seperti kemampuan kerja, kedisiplinan, interaksi dalam tim, inisiatif, dan potensi kepemimpinan.Proses ini adalah bagian dari manajemen kinerja yang dimulai dengan merumuskan perencanaan kinerja pegawai, yang mencakup penetapan sasaran kerja pegawai (SKP) dan mengukur aspek-aspek seperti kuantitas, kualitas, waktu, dan biaya dalam setiap tugas yang terkait dengan jabatan mereka (pebriansyah, wilodati, & komariah, n.d ). Penilaian SKP dilaksanakan dengan membandingkan pencapaian kinerja aktual dengan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...