JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran Bahasa Anak di TK Al Azhar Jombang

Jayanti, Rani (Unknown)
Lestari, Tiwi Widya (Unknown)
Verawati, Amelia Amanda (Unknown)
Aziz, Mukhammad Aqmal (Unknown)
Hidayat, Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan teori behaviorisme dalam pembelajaran bahasa siswa di TK AL AZHAR Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan teori behaviorisme pada pembelajaran di TK AL AZHAR Jombang dilakukan melalui metode-metode pembelajaran seperti kegiatan literasi, menyusun huruf atau kata-kata, dan bernyanyi. Hal ini lantas berpengaruh pada partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik di TK AL AZHAR Jombang mayoritas mengalami perkembangan bahasa yang tergolong baik. Dengan demikian, metode pembelajaran tersebut yang melibatkan proses stimulus dan respon memberikan dampak yang cukup baik dalam membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...