JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Kinerja Keuangan dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan

Safitri, Catur Arum (Unknown)
Littu, Herlina (Unknown)
Lisdawati, Lisdawati (Unknown)
Nuridah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan dan Good Corporate Governance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 11 perusahaan yang memenuhi syarat perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan dan menggunakan mata uang rupiah. Variabel independen pada penelitian ini yaitu kinerja keuangan yang dilihat dari Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Good Corporate Governance yang dilihat dari kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional, sedangkan variabel dependennya adalah nilai perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh Return On Aset (ROA), Return On Equity (ROE), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional sebesar 31,4%, sedangkan sisanya sebesar 68,6% dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...