JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Modifikasi Perilaku Kenakalan Remaja dengan Metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan Terapi Keluarga

Wijaya, Delia Cahya (Unknown)
Tsaniya, Warda Uswa (Unknown)
Rahman, Irhamni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Intervensi ini bertujuan untuk mengetahui sumber-sumber yang mempengaruhi kebiasaan remaja yang sering keluar malam, serta konsekuensi sosial dan psikologis yang terkait dengan perilaku tersebut. Untuk mencapai tujuan ini, dilakukan observasi dan wawancara dengan remaja yang sering keluar malam dan wawancara dengan orang tuanya. Serta menggunakan teknik asesmen Biopsikososial dan Spiritual (BPSS) yang digunakan untuk melakukan intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor penyebab dari kebiasaan remaja yang sering keluar malam. Faktor keluarga seperti memiliki tekanan dari lingkungan keluarga dan memiliki tekanan dengan orang tuanya. Selain itu, faktor individu seperti rasa kebebasan, penasaran, dan perasaan kenyamanan dengan dunia luar juga mempengaruhin keputusan remaja untuk keluar malam. Kebiasaan tersebut dapat mengalami dampak sosial dan psikologis. Mereka mungkin rentan terhadap pergaulan bebas atau paparan lingkungan yang tidak aman. Selain itu, kebiasaan tidur di malam hari dapat berdampak psikologis pada gangguan tidur, penurunan kinerja akademik, stres, dan masalah kesehatan mental. Dalam kasus ini perlu adanya sebuah pendekatan, untuk memberikan pendidikan yang lebih baik dan pemahaman yang lebih baik tentang risiko dan konsekuensi dari perilaku ini. Kasus ini perlu adanya kerjasama dengan orang tua. Dalam kerjasam ini dilakukan dengan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk menyadari pola pikir tersebut salah dan perlu diubah. Selain itu, menciptakan kegiatan positif untuk remaja di malam hari, seperti seni yang dapat membantu mengurangi keinginan mereka untuk keluar malam tanpa arah yang jelas. Peneliti dapat membuat upaya yang lebih baik untuk membantu remaja mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dan tumbuh menjadi orang yang sehat dan bertanggung jawab dengan pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...