JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Hubungan Intensitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar PKN Kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling

Aldianu, Deri (Unknown)
Ambarita, Dody F. Pandimun (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan intensitas belajar siswa dengan hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling yang berjumlah 33 orang siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu intensitas belajar siswa dan variabel terikat pada penelitian ini yaitu hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, studi dokumenter, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar yang dominan berkecenderungan baik dan hasil belajar yang dominan berkecenderungan cukup. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat adanya hubungan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar. Besarnya hubungan intensitas terhadap hasil belajar yaitu 0,49. Dengan demikian terdapat hubungan intensitas belajar dengan hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri 050631 Tanjung Keliling.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...