JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran PPkn di SMP Negeri 33 Palembang

Jhon, Linda (Unknown)
Alfiandra, Alfiandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Dalam pembelajaran abad ke-21, guru dituntut untuk dapat mengoptimalkan potensi diri, kreativitas, minat, bakat yang dimiliki oleh setiap peserta didik . Oleh sebab itu, pembelajaran berdiferensiasi diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam rangka memenuhi tuntutan pembelajaran abad ke-21. Pembelajaran berdiferensiasi dapat didefinisikan sebagai pembelajaran yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang terdiri dari kesiapan belajar, profil belajar, dan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran PPKn di SMPN 33 Palembang. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran PPKn yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu hasil penelitian yang didapatkan melalui observasi menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi membuat peserta didik merasa lebih dilibatkan dalam pembelajaran PPKn yang dibuktikan dengan semangat belajar saat kegiatan presenntasi hasil diskusi secara berkelompok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...