JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di SD/MI

Ulandari , Nadia (Unknown)
Azzahra, Lyna Lutfhia (Unknown)
Khairunnisa , Lola (Unknown)
Yusnaldi , Eka (Unknown)
Putri , Hadiyah (Unknown)
Ungu , Embun Sakara (Unknown)
Nasution, Aidil Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeahui Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS di SD/MI. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kualitatif dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai alat Penelitiannya. Penelitian ini mengklarifikasi dan menyoroti Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS di SD/MI. Hasil Penelitian ini bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS di SD/MI, yaitu pemahaman para guru terhadap pendekatan saintifik yang menjadi keharusan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 secara umum sudah dianggap sangat baik,para guru menganggap bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sangat bagus bagi siswa, meskipun penerapan tersebut juga bukan mudah, penerapan pendekatan saintifik memerlukan konsistensi dalam penerapannya, Pada kegiatan pembelajaran di sekolah, maka keseluruhan kegiatan saintifik tersebut dijabarkan oleh guru dalam pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...