JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Konvensional pada Materi Operasi Hitung Pecahan

Wandini, Rora Rizky (Unknown)
Zahratunnisa, Elvira (Unknown)
Panjaitan, Dwika Aulia Fitrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Dalam pembelajaran matematika disekolah guru masih banyak menggunakan pembelajaran secara monoton yang biasanya disebut dengan pembelajaran konvensional, sehinga murid mudah merasa bosan dan kurang menikmati dan memahami proses dalam pembelajaran di kelas dan pada ahirnya pembelajaran tidak terselesaikan. Pada saat ini, Berbagai model pembelajaran yang membantu meningkatkan minat belajar siswa telah dikembangkan oleh para ahli matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tradisional merupakan dua kategori model pembelajaran yang dibedakan dalam penelitian ini. Sejauh mana keefektifan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan tipe model kooperatif dan konvensional diselidiki dalam kedua model pembelajaran tersebut. Selain digunakan dalam penelitian ini, tinjauan pustaka juga digunakan untuk menghasilkan tulisan ilmiah seperti skripsi, dan dilanjutkan dengan tulisan yang mengkaji literatur yang relevan dengan masalah dan topik penelitian. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok siswa yang terdiri dari satu kelompok tradisional dan satu kelompok kooperatif seperti puzzle. Nilai ujian, observasi langsung, dan catatan lapangan menjadi sumber informasi hasil belajar setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa ketika menggunakan metode pembelajaran tradisional dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi mata kuliah operasi perhitungan pecahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...