JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V

Rahmania, Fadilla (Unknown)
Khairana, Cindy (Unknown)
Yenti, Afrida (Unknown)
Fahmi, Apriliano (Unknown)
Farhan Satria, Trinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar PKn adalah tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas V SD Negeri 01Kampung Olo sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 03 Kampung Olo sebagai kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar setelah diberikan perlakuan didapatkan rata-rata nilai tes siswa kelas eksperimen 85,64 dan siswa kelas kontrol 77,92. Pengujian hipotesis dengan menggunakan aplikasi spss dimana nilai signifikansi (2-tailed) pada Equal variancesassumed 0,009,jadi nilai 0,009<0,05 yang dibuktikan dengan taraf signifikan ? = 0,05. Maka H0 ditolak H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...