JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Miskonsepsi Pemahaman Materi Bangun Datar dengan Penerapan Teori Polya di PGMI 3 UIN Sumatera Utara

Hariro, Adha Zam Zam (Unknown)
Wandini, Rora (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori Polya pada pembelajaran serta mengkaji hasil analisis miskonsepsi pada pemahaman materi bangun datar dengan penerapan teori Polya di PGMI 3 UIN Sumatera Utara. Miskonsepsi merupakan konsep-konsep yang tidak relevan dengan pemahaman ilmiah yang diterima oleh para ahli di bidang yang bersangkutan dan dapat menimbulkan kesulitan dalam memahami suatu materi. Penelitian ini menggunakan metode survei dan tes untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang umumnya muncul pada mahasiswa PGMI-3 yang mengerjakan materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa miskonsepsi yang melibatkan pemahaman tentang satuan cm pada bangun datar, dan penilaian dengan penerapan teori Polya. Sebagian besar miskonsepsi tersebut berkaitan dengan pemahaman yang kurang tepat dan kurang fokus terhadap materi bangun datar dengan penerapan teori Polya. Jenis kesalahan yang banyak dilakukan mahasiswa adalah kesalahan karena tidak menggunakan satuan cm dalam soal bangun datar dengan persentase kesalahan 10,24 % dan selanjutnya kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan pada penilaian dengan penerapan Polya, dengan persentase kesalahan sebanyak 15,37%. Dari 39 mahasiswa terdapat 29 orang mahasiswa yang menjawab soal dengan benar dan bagus dan terdapat 10 mahasiswa yang melakukan kesalahan yang berbeda beda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...