Pemahaman guru terhadap karakteristik siswa merupakan komponen penting karena dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis implementasi teknik observasi fisik dan observasi intelektual dalam memahami karakteristik siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan empat guru di salah satu SMP yang berada di Medan yang diwawancarai dan dianalisis untuk memahami pemahaman mereka terhadap siswa. Guru aktif menggunakan teknik observasi fisik untuk mengamati perilaku dan interaksi siswa di lingkungan sekolah, sementara observasi intelektual dilakukan untuk memahami proses kognitif siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamatan fisik membantu dalam menilai aspek-aspek fisik siswa, sedangkan observasi intelektual memberikan wawasan tentang perkembangan kognitif siswa. Dalam penelitian ini teknik observasi fisik dan intelektual efektif digunakan oleh guru untuk memahami karakteristik siswa di SMP, memberikan dasar bagi pengembangan strategi pengajaran yang lebih tepat dan mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh. Penelitian ini mengandung makna bahwa sejauh mana karakteristik siswa dapat dipahami dengan menggunakan teknik observasi fisik dan intelektual.
Copyrights © 2024