JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Efektivitas Penggunaan Metode Hypnoteaching Berbantuan Media Gambar Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA N 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Fadhilah, Jihan (Unknown)
Mariya, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk menganalisis Efektivitas Penggunaan Metode Hypnoteaching Berbantuan Media Gambar Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA N 2 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metodeeksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan soal tes berbentuk essay yang berjumlah 5 butirsoal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji-t, yang dilakukan menunjukan jika hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = n-2 karena thitung> ttabel (6,98 > 1,70). Maka dapat katakana jika, H1 diterima dan H0 ditolak, karena terbukti bahwat hitung> ttabel. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata yang diperoleh, dimana terdapatnya perbedaan nilai rata-rata antara kelompok control dan kelompok ekperimen. Pada kelompok control memproleh rata-rata sebesar 65, sedangkan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 81,66. Hal ini menunjukan jika penggunaan metode pembelajaran Hypnoteaching berbantuan media gambar dianggap lebih efektif digunakan pada mata pelajaran Geografi dimana dengan tingkat efektivitas yaitu sebesar 47,57%, dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif atau konvensional lainya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...