JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Metode Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 3 Benda di Sekitarku pada Siswa Kelas III UPTD SDN 66 Kanjitongan Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros

Rahman , Syarifah Aeni (Unknown)
Syafaruddin, Syafaruddin (Unknown)
Haruna, Resky Hariyani (Unknown)
Mustaring, Nur Indah (Unknown)
Wildaniyah, Wildaniyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema 3 Benda di Sekitarku dengan menggunakan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas berbasis kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III UPTD SDN 66 Kanjitongan yang berjumlah 28 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dari data kuantitatif berupa tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II, serta data hasil observasi peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siklus I berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 67,67%. 2) hasil belajar Tema 3 pada kelas III, siklus II berada pada kategori tinggi dengan skor rata- rata 86,42%. 3) pendekatan saintifik dengan metode Word Square dapat meningkatkan hasil belajar tema 3 peserta didik UPTD SDN 66 Kanjitongan. Hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi perubahan sikap peserta didik, antara lain: peserta didik menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam proses belajar, lebih percaya diri dan berani bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode Word Square untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...