JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Kepatuhan dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama Grice pada Podcast Denny Sumargo di Youtube : Kajian Pragmatik

Abadi, Siti Chairunnisa (Unknown)
Salliyanti, Salliyanti (Unknown)
Siregar, Asrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini membahas kepatuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama dengan tinjauan pragmatik. Penelitian ini diharapkan dapat memenuhi tujuan 1) mendeskripsikan kepatuhan dan pelanggaran prinsip kerjasama Grice pada podcast Denny Sumargo di Youtube 2) mendeskripsikan implikatur yang terdapat pada podcast Denny Sumargo di Youtube. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh tidak dijelaskan dengan angka namun dengan sebuah kalimat penjelasan.Data yang diambil merupakan tuturan yang terdapat pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama Grice dalam podcast Denny Sumargo. Sumber data pada penelitian ini berasal dari beberapa video di Youtube Denny Sumargo.Metode analisis yang digunakan oleh penelitian ini adalah metode padan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode simak dan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), Kemudian teknik dasar yang digunakan adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan menggunakan daya pilah pragmatis yang menggunakan mitra wicara sebagai penentu (Kesuma, 2007:51-53). Teori yang digunakan adalah teori prinsip kerja sama yang dikemukakan oleh Paul Grice. Kepatuhan prinsip kerja sama yang terjadi di podcast Denny Sumargo cenderung pada maksim relevansi. Sedangkan pelanggarannya cenderung pada maksim kuantitas. Implikatur yang dominan pada podcast Denny Sumargo adalah memperjelas informasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...