JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaan melalui Model Pembelajaran Make a Match Bagi Anak Tunadaksa

Hayusni, Resna (Unknown)
Nurhastuti, Nurhastuti (Unknown)
Zulmiyetri, Zulmiyetri (Unknown)
Ardisal, Ardisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

PeneIitian dilatarbelakangi dari permasaIahan yang ada di keIas ll SDlT Permata Kita. Peneliti menemukan seorang siswa tunadaksa perempuan berinisial R yang mengalami permasalahan pada kemampuan membaca permulaan. Solusi yang dapat diberikan dengan memberikan intervensi atau tindakan melalui modeI pembeIajaran Make A Match. Pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif berjenis penelitian eksperimen berbentuk singIe subject research dengan desain A-B-A. Melalui desain A-B-A ini, kemampuan anak dalam membaca permuIaan membaca dua suku kata dengan kata yang berpoIa KVKV diukur sebelum diterapkan intervensi serta kemampuan akhir yang diharapkan pada siswa seteIah diberikannya intervensi atau tindakan berupa pembeIajaran melalui model pembelajaran Make A Match. HasiI dari peneIitian ini yaitu pada fase (A1) persentase kemampuan N iaIah 18%. Pada fase (B), hasiI persentase untuk kemampuan N adaIah 44%-85%. Pada fase (A2), hasiI persentase untuk kemampuan N iaIah 90%-98%. HaI ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan atas kemampuan membaca permuIaan pada anak tunadaksa meIaIui modeI permbeIajaran Make A Match.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...