JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati Fase E di SMAN 15 Padang

Resi Sefriyani (Unknown)
Fuadiyah, Sa’diatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati Fase E di SMAN 15 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Sampel penelitian ini yaitu 68 peserta didik Fase E di SMAN 15 Padang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 34 peserta didik di kelas eksperimen dan 34 peserta didik di kelas kontrol. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis berupa soal essai yang berjumlah 8 butir soal. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS 27. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (83,65) dan kelas kontrol (75,56). Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh positif model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati Fase E di SMAN 15 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...