JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA), dan Current Ratio (CR) Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Pada Perusahaan Sektor Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022)

Rahmawati, Ita (Unknown)
Sa’adah, Lailatus (Unknown)
Lutfiah, Rizky Alyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak dari Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), dan Current Ratio (CR) pada evolusi pertumbuhan laba dari perusahaan-perusahaan yang berada di sub-sektor asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2018-2022. Untuk mendukung analisis ini, data sekunder dari 17 perusahaan yang menjadi sampel dipilih melalui teknik sampling jenuh dan bersumber dari laporan keuangan perusahaan yang tersedia di www.idn.co.id. Dalam mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel tersebut, metode analisis yang diterapkan meliputi regresi data panel, uji asumsi klasik, regresi berganda, serta uji koefisien determinasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM) dengan probabilitas 0.0310—yang bernilai di bawah 0.05—mengindikasikan adanya pengaruh signifikan pada pertumbuhan laba. Sebaliknya, Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) tidak memberikan dampak signifikan pada pertumbuhan laba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...