JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penerapan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Pramudya, Randy Meilano (Unknown)
Syafril, Syafril (Unknown)
Eldarni, Eldarni (Unknown)
Amilia, Winanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah rendahnya capaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika. Hal ini dikarenakan proses evaluasi atau penilaian hasil belajar dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah cenderung menggunakan cara konvensional yaitu berbasis kertas (paper based test) yang memerlukan biaya cukup besar untuk mengadaan kertas dan membuat siswa kurang tertarik saat mengerjakannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP N 1 Sitiung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP N 1 Sitiung. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berbentuk quasi eksperimen. Terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yakni kelas VII E dengan perlakuan memakai aplikasi quizizz serta kelas kontrol yaitu kelas VII F diberi perlakuan memakai kertas. Sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) yang sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata rata yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi quizizz (kelas eksperimen) lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan rata rata hasil belajar pada kelas eksperimen 79,2 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 61,8. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 6,648 dan t tabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,001. Jika dibandingkan thitung 6,648>2,001 dapat diartikan bahwa H1 diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan aplikasi quizizz berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP N 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...