JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Open-Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batuatas

Windani, Irawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan open- ended terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batuatas. Peneliti mengujicobakan penerapan pendekatan pembelajaran open-ended pada siswa kelas VII SMP Negeri Batuatas disebabkan metode pembelajaran di kelas tersebut masih menggunakan metode pembelajaran konvesional dan secara teoritis serta didukung hasil penelitian yang menyatakan bahwa pendekatan open-ended efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Batuatas Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari lima kelas. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VII-1 dengan jumlah 27 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi dan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penerapan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa memiliki perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Implementasi pendekatan open-ended meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batuatas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...