Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 6 No 1: FEBRUARI (2024)

PENGARUH METODE MEMBACA NYARING TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN PESERTA DIDIK KELAS II

Munawara, Anisa (Unknown)
Djafar, Hamsiah (Unknown)
Fatahullah, Mirza (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengukur pengaruh metode membaca nyaring terhadap bacaan peserta didik. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas II MIN 1Polman yang berjumlah 21 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan One Group Pretest Posttest Design yang hanya memilikisatu kelompok subjek dan diberikan perlakuan menggunakan metode membaca nyaring. Teknik analisis data menggunakan uji bahasa Indonesia. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa perhitungan pada hasil belajar Pre-test yaitu hasil yang dicapai nilai rata-rata sebesar -t untuk menguji Pengaruh Metode Membaca nyaring Terhadappemahaman bacaan peserta didik dalam 59 dengan presentase ketuntasan yang tepat sebesar 86%, tidak tepat sebanyak 14% dan setelah menggunakan metode membacanyaring didapatkan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesar 75 dengan presentase ketuntasan sebesar 95% dan tidak tuntas sebesar 5 %. Hal inimembuktikan bahwa penggunaan Metode Membaca nyaring dapat meningkatkan pemahaman bacaan peserta didik dalam bahasa Indonesia Kelas 11 MIN 1 Polmankarena kemampuan membaca peserta didik secara keseluruhan mengalami peningkatan dari 86% menjadi 95 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...