JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan Melalui Lempar Tangkap Bola Bagi Siswa Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Kelas XI di SLB YPPLB Padang

Meilina, Siska (Unknown)
Mahdi, Arisul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Pada artikel kali ini, siswa penyandang Gangguan Spektrum Autisme (GSA) di SLB YPPLB Padang membahas tentang cara meningkatkan kemampuan koordinasi tangan-mata dengan cara melempar dan menangkap bola. Studi sebelumnya dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa seorang siswa dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) menghadapi hambatan dalam koordinasi mata dan tangan yang mendorong penelitian ini untuk dilakukan. Dengan desain A-B-A yang dimanfaatkan dalam penelitian menggunakan penelitian Single Subject Reserach (SSR). Subjeknya adalah siswa kelas XI dengan gangguan spektrum autisme (GSA). Informasi data yang dikumpulkan pada tahap pola (A1) dalam tiga pertemuan, dengan tingkat hasil masing-masing sebesar 42,85%, 42,85%, dan 42,85%.Sembilan pertemuan di fase intervensi (B) menghasilkan hasil persentase 53,57 %, 64,28%, 71,42%, 71,42%, 75%, 75%, 100%, 100%, dan 100%. Tiga pertemuan di fase dasar (A2) menghasilkan hasil persentase 100%, 100%, dan 100%. Menurut analisis data, metode lempar tangkap bola dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...